Your browser does not support JavaScript!

3 Manfaat Teknologi Digital Dalam Membina Hubungan Baik dengan Pasien

Sembuhnya pasien dari sakit, rupanya tidak menjamin kepuasan pasien. Beberapa hal kecil, namun kurang menyenangkan ternyata dapat menjadi faktor penyebab pasien enggan kembali ke sebuah klinik yang sama. Oleh karena itu, sebuah klinik butuh strategi khusus agar dapat mempertahankan loyalitas pasien.  

Loyalitas ini dapat menjadi kunci perkembangan klinik ke depannya. Untuk menjaga hal tersebut, salah satu cara ampuhnya adalah dengan meningkatkan kepuasan pasien atas pelayanan klinik yang dikelola secara terhubung melalui teknologi digital. Apa saja manfaatnya?

1.Kemudahan Bertemu Dokter

Antrean panjang di ruang tunggu klinik sebenarnya bisa dicegah atau ditanggulangi jika terdapat transparansi penjadwalan dan sistem konfirmasi booking yang teratur. Pasien tentu akan lebih senang jika dapat mengetahui jadwal praktik dokter di sebuah klinik dan dapat membuat jam janji temunya tanpa perlu datang ke sana. Dengan layanan kesehatan yang terhubung secara digital, hal seperti ini pun dapat diaplikasikan sehingga tidak ada lagi cerita pasien datang terlalu cepat atau terlambat. Bahkan jika pasien ingin melakukan pemeriksaan dapat langsung terkonfirmasi melalui sistem perjanjian online yang tersedia di aplikasi atau website, yang bisa diakses di mana pun dan kapan pun.

2. Pengingat Check-up

Adanya reminder bagi pasien yang berbasis panggilan telepon, sms, atau email akan memudahkan pasien untuk memantau jadwal check-up ke klinik. Berbagai studi menunjukkan bahwa adanya sistem pengingat ini terbukti meningkatkan angka kepatuhan pasien meningkat hingga 73,5%, terutama pada pasien HIV, asma, diabetes, gangguan kejiwaan skizofrenia, dan penyakit jantung. Layanan pengingat ini dapat menjembatani layanan kesehatan dalam bentuk teknologi yang mudah diakses oleh pasien melalui smartphone.

3. Klaim Jaminan Kesehatan

Berkat teknologi digital, pasien juga semakin dimudahkan dengan melakukan pembayaran atau reimbursement asuransi. Pasien tidak perlu khawatir akan prosedur yang berbelit jika ingin membayar tagihan klinik melalui asuransi.

Aplikasi Qlinik dari Medigo dapat membantu klinik untuk meningkatkan mutu pelayanan. Mulai dari Accessibility, yakni pasien akan sangat mudah mengakses informasi klinik, online booking, dan notifikasi jadwal check-up; Transparency di mana terdapat sistem penjadwalan yang terintegrasi sehingga pasien terinformasikan jika terjadi perubahan jadwal; dan Predictability yang berguna untuk klinik menjaga ekspektasi pasien sehingga dapat menggunakan waktu secara optimal dan pasien tidak menghabiskan waktu yang lama hanya untuk mengantre atau mengurusi proses administrasi. 

Untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana teknologi terkini dari aplikasi Qlinik membantu meningkatkan pelayanan klinik Anda agar terjalin hubungan baik dengan pasien, Anda bisa klik di sini.

 

 

Anda pengelola rumah sakit?

Kami siap menjadi mitra teknologi rumah sakit Anda

Selengkapnya

Anda pengelola klinik?

Kami memiliki solusi mengelola klinik yang lebih baik

Selengkapnya