Your browser does not support JavaScript!

Bunda, Kenali Gejala dan Jenis Alergi pada Anak

Anak Bunda sering mengalami alergi? Jangan dulu panik. Alergi merupakan reaksi berlebih sistem imun tubuh yang disebabkan oleh alergen (zat penyebab alergi), misalnya makanan, obat-obatan, cuaca, kondisi lingkungan, sampai binatang peliharaan. Gejala alergi ini bisa mengganggu fungsi kerja organ tubuh, seperti kulit, pencernaan, dan pernapasan.

 

Jenis dan Gejala Alergi

Alergi pada Saluran Pernapasan

Asma Bronkial

Disebut juga dengan bengek, alergi ini ditandai dengan sesak napas, batuk kering, bahkan napas berbunyi. Asma bronkial yang terjadi pada anak berisiko mengganggu tumbuh kembang mereka.

Rhinitis Alergika

Rhinitis alergika merupakan gejala alergi yang ditandai dengan gatal pada hidung, hidung tersumbat, ingus encer, sampai sinusitis. Pada beberapa kondisi juga bisa disertai dengan mata merah dan berair.

Alergi Kulit

Urtikaria

Urtikaria merupakan jenis alergi yang ditandai dengan bentol-bentol berukuran kecil sampai besar pada kulit. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh konsumsi obat dan makanan tertentu, debu, gigitan serangga, sampai cuaca.

Urtikaria ditandai dengan pembengkakan pada anggota tubuh setelah memegang benda atau sesuatu yang dingin, atau ketika kulit terpapar dengan suhu dingin.

Dermatitis Atopik

Bayi biasanya menderita alergi jenis dermatitis atopik, yang ditandai dengan kulit merah, kulit lecet, serta bentol-bentol berair pada permukaan kulit. Alergi ini umumnya muncul di beberapa area tubuh, seperti siku, lutut, pipi, tengkuk, pergelangan tangan, dan daerah lipatan kulit.

 

Bagaimana Mengatasi Alergi?

Alergi bisa diatasi lewat cara pencegahan, yakni mengenali alergen yang memicu timbulnya alergi; apakah itu makanan, cuaca, obat, atau yang lainnya. Saat menderita alergi, si kecil biasanya cenderung rewel. Untuk mengurangi gejala, Anda bisa memberikan obat antihistamin (perlu konsultasi dengan dokter).

Alergi pada kulit juga bisa dikurangi dengan mengompres bagian tubuh yang terkena alergi dengan air hangat yang sudah dicampur cairan antiseptik. Bila setelah beberapa waktu kondisinya tak juga menunjukkan perkembangan berarti, segeralah ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat. 

Klinik Pintar siap melayani keluhan alergi pada anak melalui dokter yang tersedia di Poli KIA (Kesehatan Ibu Anak)

 

Anda pengelola rumah sakit?

Kami siap menjadi mitra teknologi rumah sakit Anda

Selengkapnya

Anda pengelola klinik?

Kami memiliki solusi mengelola klinik yang lebih baik

Selengkapnya