Your browser does not support JavaScript!

Klinik Pintar: Solusi Tantangan Pelayanan Kesehatan Primer Indonesia

Industri kesehatan di Indonesia sedang menghadapi berbagai tantangan besar. Di era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), seluruh stakeholder, khususnya di sektor pelayanan kesehatan primer, merasakan berbagai permasalahan yang harus segera dicari solusinya.
 
Selain puskesmas, klinik merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan primer di Indonesia. Espektasi pemerintah dan BPJS sebagai operator JKN sangat besar terhadap peningkatan kualitas layanan kesehatan di klinik, namun harus diiringi oleh biaya terkendali dan efisien.
 
Kenyataannya, banyak pemilik atau pengelola klinik saat ini merasakan kesulitan untuk mengelola dan mengembangkan usaha kliniknya di era JKN. Lebih dari 17 ribu klinik yang tersebar di Indonesia masih belum bisa mencukupi kebutuhan masyarakat yang terus meningkat baik secara kuantitas dan kualitas. Sebagian besar klinik belum terakreditasi, masih melakukan operasional secara konvensional dan belum secara digital, masih kesulitan mengelola kapitasi BPJS dan memenuhi standarisasinya, dan mengalami kesulitan mengelola dan mengembangkan usaha.
 
Pasien juga banyak mengalami kesulitan dalam berobat ke klinik. Waktu tunggu yang lama dan tidak pasti, kualitas dan fasilitas layanan belum standar, hingga rumitnya proses rujukan ke rumah sakit, menjadi penyebab pasien enggan berobat ke klinik. 
 
Selain klinik dan pasien, pihak dokter, terutama dokter umum, juga mengalami kesulitan untuk melayani kebutuhan pasien yang terus meningkat namun seringkali tidak diikuti dengan penghasilan memadai. Banyak dokter umum tidak mampu membuka dan mengembangkan usaha kliniknya. Hal ini menjadi perhatian dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sebagai organisai profesi tertinggi kedokteran Indonesia.  
 
Untuk mengatasi berbagai hal di atas, Medigo bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mendirikan Klinik Pintar.
 
Klinik Pintar diharapkan dapat menjadi solusi total dari tantangan yang dirasakan pemilik klinik dan dokter mengenai pengelolaan klinik dan pelayanan kesehatan primer di era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), sekaligus meningkatkan kualitas layanan kepada pasien. 
 
Solusi total yang ditawarkan program Klinik Pintar adalah sebuah kerjasama joint operation dengan sistem bagi hasil antara Medigo dengan pemilik klinik pratama. Solusi ini berupa solusi teknologi (digitalisasi proses bisnis dan layanan), solusi standarisasi (SOP dan akreditasi), dan solusi investasi yang dapat membantu pemilik klinik mengembangkan usahanya dan meningkatkan Value Based Care (VBC = good patient experience + good patient outcome with efficient and affordable cost).
 
Tulang punggung Klinik Pintar adalah sebuah ekosistem yang dibangun Medigo untuk memudahkan pasien mengakses layanan, memudahkan manajemen klinik menjalankan operasional secara digital, dan menghubungkan klinik dengan mitra pendukung, seperti mitra rumah sakit rujukan, mitra asuransi, mitra farmasi, dan mitra alat kesehatan.
 
Dengan Klinik Pintar, kami di Medigo percaya misi untuk membangun ekosistem #KesehatanTerhubung semakin mendekati kenyataan. Ke depannya, Klinik Pintar akan menjadi sebuah benchmark baru transformasi digital industri kesehatan Indonesia yang dimulai dari pelayanan kesehatan primer. Klinik Pintar juga akan menjadi feeder rujukan digital ke berbagai fasilitas kesehatan lain, seperti rumah sakit dan klinik dokter spesialis lainnya, di mana rujukan digital ini juga diharapkan meningkatkan interoperabilitas industri kesehatan di Indonesia. 
 
Untuk info lebih lanjut mengenai Klinik Pintar, kunjungi https://klinikpintar.id/
 
 

Anda pengelola rumah sakit?

Kami siap menjadi mitra teknologi rumah sakit Anda

Selengkapnya

Anda pengelola klinik?

Kami memiliki solusi mengelola klinik yang lebih baik

Selengkapnya