Your browser does not support JavaScript!

KlinikPintar: Solusi Tantangan Pelayanan Kesehatan Primer Indonesia

Industri kesehatan di Indonesia sedang menghadapi berbagai tantangan besar. Di era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) ini, seluruh stakeholder khususnya di sektor pelayanan kesehatan primer merasakan berbagai permasalahan yang harus segera dicari solusinya. 
 
Selain dari Puskesmas, Klinik merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan primer di Indonesia. Espektasi pemerintah dan BPJS sebagai operator JKN sangat besar terhadap peningkatan kualitas layanan kesehatan di klinik namun harus diiringi oleh biaya yang terkendali dan efisien.
 
Namun kenyataannya, Banyak pemilik/pengelola klinik yang saat ini merasakan kesulitan untuk mengelola dan mengembangkan usaha kliniknya di era JKN. Dari lebih dari 17 ribu klinik yang tersebar di Indonesia, masih belum bisa mencukupi kebutuhan masyarakat yang terus meningkat baik secara kuantitas dan kualitas. Sebagian besar klinik belum terakreditasi, masih melakukan operasional secara konvensional dan belum digital, masih kesulitan untuk mengelola kapitasi BPJS dan memenuhi standarisasinya, dan mengalami kesulitan untuk mengelola dan mengembangkan usahanya.
 
Pasien juga banyak mengelami kesulitan dalam berobat ke klinik. Waktu tunggu yang lama dan tidak pasti, kualitas dan fasilitas layanan yang belum standar, rumitnya proses rujukan ke rumah sakit, merupakan beberapa permasalahan yang menyebabkan pasien enggan berobat ke klinik. 
 
Selain pihak klinik dan pasien, pihak dokter terutama dokter umum juga mengalami kesulitan untuk melayani kebutuhan pasien yang terus meningkat namun seringkali tidak diikuti dengan penghasilan yang memadai. Banyak dokter umum yang tidak mampu membuka dan mengembangkan usaha kliniknya. Hal ini menjadi concern dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sebagai organisai profesi tertinggi di kedokteran Indonesia.  
 
Untuk mengatasi berbagai hal di atas, Medigo bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mendirikan Klinik Pintar yang diharapkan dapat menjadi solusi total dari tantangan yang dirasakan oleh pemilik klinik dan dokter mengenai pengelolaan klinik dan pelayanan kesehatan primer di era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sekaligus untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pasien. 
 
Solusi total yang ditawarkan oleh program Klinik Pintar adalah sebuah  kerjasama joint operation dengan sistem bagi hasil antara Medigo dengan pemilik klinik pratama berupa solusi teknologi (digitalisasi proses bisnis dan layanan), solusi standarisasi (SOP dan akreditasi), dan solusi investasi yang dapat membantu pemilik klinik mengembangkan usahanya dan meningkatkan Value Based Care (VBC = Good patient experience + Good patient outcome with efficient and affordable cost).
 
Tulang punggung KlinikPintar adalah sebuah ekosistem yang dibangun Medigo untuk memudahkan pasien mengakses layanan, memudahkan manajemen klinik menjalankan operasional secara digital, dan menghubungkan klinik dengan mitra pendukung seperti mitra rumah sakit rujukan, mitra asuransi, mitra farmasi, mitra alat kesehatan, dan lain-lain.
 
Dengan KlinikPintar, kami di Medigo percaya misi untuk membangun ekosistem #KesehatanTerhubung semakin mendekati kenyataan. Ke depannya, KlinikPintar akan menjadi sebuah benchmark baru transformasi digital di industri kesehatan Indonesia yang dimulai dari pelayanan kesehatan primer. KlinikPintar juga akan menjadi feeder rujukan digital ke berbagai fasilitas kesehatan lain seperti rumah sakit dan klinik dokter spesialis lainnya, di mana rujukan digital ini juga diharapkan meningkatkan interoperabilitas industri kesehatan di Indonesia. 
 
Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai KlinikPintar, Anda bisa mengunjungi https://klinikpintar.id/
 
 

Anda pengelola rumah sakit?

Kami siap menjadi mitra teknologi rumah sakit Anda

Selengkapnya

Anda pengelola klinik?

Kami memiliki solusi mengelola klinik yang lebih baik

Selengkapnya