Your browser does not support JavaScript!

Lima Tantangan Transformasi Digital Pelayanan Kesehatan di Indonesia

Kita semua pasti pernah mengalami kesulitan ketika menggunakan layanan dokter dan rumah sakit. Mulai dari proses pendaftaran ribet, pendaftaran harus menggunakan telepon, waktu menunggu lama dan tidak pasti, proses pembayaran manual dan berbelit apalagi jika menggunakan asuransi. Dan itu semua hanya puncak dari gunung es permasalahan layanan kesehatan Indonesia.

Banyak masalah mendasar pelayanan kesehatan masih belum memiliki solusi. Contohnya, akses terhadap data kesehatan pribadi (medical records) belum tersedia, proses rujukan antar dokter dan rumah sakit seringkali menyulitkan, dan proses klaim asuransi, terutama BPJS, yang saat ini sedang menjadi isu besar antara pihak pemerintah dan rumah sakit di Indonesia. 

Teknologi digital sebenarnya dapat menjadi solusi permasalahan layanan kesehatan. Namun, industri kesehatan secara umum, khususnya rumah sakit, masih lambat dalam melakukan transformasi digital.

Jika melihat ke industri lain, misalnya pariwisata dan perhotelan, sejak 10 tahun lalu sudah menerapkan proses reservasi online yang kemudian menumbuhsuburkan Online Travel Agent (OTA). OTA seperti Traveloka menawarkan kemudahan dalam booking dan pembayaran hotel secara digital. Selain itu, sistem nilai dan ulasan terhadap layanan hotel seperti pada situs Trip Advisor, mudah diakses secara online membantu dalam menentukan pilihan hotel terbaik, serta memacu pengelola hotel untuk memperbaiki layanan dan fasilitasnya.

Kenapa hal sama sulit untuk dilakukan di industri kesehatan? Banyak faktor menjadi penyebab implementasi teknologi digital, terutama perbaikan layanan terhadap pasien, sulit untuk dilakukan di rumah sakit di Indonesia. Berikut adalah beberapa isu dan tantangannya:

1. Supply and Demand

Indonesia masih mengalami ketidakseimbangan antara kebutuhan dan penyedia layanan kesehatan terutama di kota kecil dan daerah rural. Bahkan, jika kita bandingkan antara jumlah tempat tidur di seluruh rumah sakit dan kebutuhan masyarakat yang terus meningkat, Indonesia berada di urutan negara dengan rasio rendah (0,8 per 1000) dibanding negara ASEAN lainnya. Banyak pihak pengelola rumah sakit lebih fokus kepada ekspansi fasilitas dan melihat sebelah mata terhadap transformasi digital karena memiliki posisi tawar tinggi akibat kurangnya kompetisi. 

2. Fragmented Landscape

Dari lebih dari 2450 rumah sakit di seluruh Indonesia, sebagian besar dikelola secara independen dan belum mempunyai standarisasi dan akreditasi internasional. Group pengelola rumah sakit swasta terbesar saat ini adalah Grup Siloam yang diproyeksikan akan mempunyai 40 rumah sakit di ahir tahun 2018. Beberapa grup rumah sakit swasta lainnya seperti Mitra Keluarga juga sedang melakukan ekspansi besar namun secara keseluruhan tidak mencapai 5% dari total jumlah rumah sakit di Indonesia. Hal ini menjadi tantangan bagi para mitra penyedia solusi dan mitra teknologi digital, karena untuk dapat melakukan integrasi ke setiap rumah sakit satu per satu akan menimbulkan biaya besar dan waktu lama.

3. Legacy IT Infrastructure

Saat ini makin banyak rumah sakit di Indonesia sudah melakukan implementasi sistem IT Hospital Information System, termasuk sentralisasi database rekam medis. Namun karena kurangnya standarisasi dokumentasi dan proses bisnis, implementasi sistem IT ini bekerja sendiri-sendiri dan kurang terintegrasi dengan sistem lain. Banyak rumah sakit terlanjur bergantung pada teknologi yang ketinggalan zaman sehingga sulit diperbarui untuk memenuhi espektasi pasien dalam mengakses informasi secara cepat, terutama secara mobile. Apalagi, ketika sistem IT di rumah sakit dibangun berbagai vendor berbeda, tidak ada kontinuitas roadmap teknologi untuk bisa terus dikembangkan.

4. People & Culture

Seperti di industri lain, tantangan terbesar dari transformasi digital adalah kultur organisasi dan birokrasi yang menghambat dilakukannya perubahan. Salah satu kesulitan terbesar adalah proses edukasi dan implementasi. Proses ini membutuhkan komitmen dari tingkat teratas sampai dengan staf. Butuh strategi manajemen perubahan tepat dan terus menerus dievaluasi berkala. Dokter, sebagai stakeholder yang terpenting di ekosistem digital rumah sakit, terkadang kurang reseptif terhadap perubahan ini.

5. Government Regulations

Industri kesehatan adalah sangat bergantung terhadap regulasi pemerintah. Namun pemerintah butuh mengejar ketertinggalan dalam membuat produk hukum yang memayungi inovasi di bidang teknologi kesehatan dan memberikan kepastian pada pelaku untuk melindungi penggunaannya. Saat ini, untuk hal dasar seperti tata kelola data medis pasien, masih membutuhkan aturan main detil sehingga lebih jelas sejauh mana peran rumah sakit dan pemerintah dalam mengelola data medis pasien. Termasuk apa saja hak dan kewajiban dari pasien untuk dapat secara mudah mengakses, menyimpan, dan mengirimkan pada pihak berkepentingan.

Lima hal di atas hanya sebagian dari tantangan transformasi digital di industri kesehatan Indonesia. Masih banyak konflik kepentingan antara stakeholder industri ini yang tidak berpihak kepada pasien.

Namun, kami di Medigo Indonesia yakin bahwa sekarang adalah momentum bersama-sama memperbaiki layanan kesehatan Indonesia melalui teknologi digital, dan kami percaya peluang sangat besar di industri ini dimulai dengan mengutamakan pengalaman pasien.

Anda pengelola rumah sakit?

Kami siap menjadi mitra teknologi rumah sakit Anda

Selengkapnya

Anda pengelola klinik?

Kami memiliki solusi mengelola klinik yang lebih baik

Selengkapnya