Your browser does not support JavaScript!

Peningkatan Sistem Antrian Untuk Menghemat Waktu Pasien

Salah satu masalah umum yang sering kita temui di sebuah klinik atau rumah sakit adalah antrian. Entah antrian itu untuk konsultasi, pemeriksaan, pengambilan obat, atau bahkan pengobatan. Meskipun lumrah, tetapi bagi kebanyakan orang sistem antrian yang buang-buang waktu tersebut dianggap tidak efisien.

Belum jika tenaga kesehatan yang dibutuhkan hanya tersedia di waktu tertentu saja. Misalnya, dokter kandungan yang hanya bisa praktik saat malam hari. Untuk memeriksa satu orang pasien biasanya dibutuhkan waktu sekitar 10-20 menit. Jadi jika banyak yang mengantri, bisa dibayangkan seberapa lama seorang pasien atau calon pasien harus mengantri untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Meskipun sudah dibahas di banyak media dan banyak solusi-solusi muncul dari pembahasan tersebut. Ternyata antrian yang membuang sekitar 10-15 menit waktu seseorang tersebut masih menjadi permasalahan utama. Padahal saat berkunjung ke klinik, orang biasanya cenderung panik dan resah. Apalagi jika mereka sedang dalam kondisi darurat. Mengantri di saat seperti itu tentu saja akan membuat suasana hati pasien dan keluarganya semakin tidak enak.

Jika ini yang terjadi, tentu kerugian ada pada pihak klinik dan rumah sakit. Karena kepercayaan masyarakat terhadap mereka pun akan menurun. Meskipun mengantri merupakan hal yang tidak bisa dihindari saat kita ingin mendapatkan pelayanan kesehatan, tapi bukan berarti kita tidak bisa membenahi birokrasi yang ada. Lalu, bagaimana caranya agar sistem antrian di klinik dan rumah sakit lebih baik dan efisien?

Penggunaan Teknologi Terkini

Tidak bisa dimungkiri bahwa teknologi telah menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat di era pasar bebas seperti saat ini. Untuk meningkatkan layanan kesehatan, Anda bisa memanfaatkan teknologi. Salah satu teknologi yang bisa dimanfaatkan adalah pengadaan mesin antrian yang terintegrasi dengan website atau smartphone.

Mesin tersebut memungkinkan pasien dan calon pasien mengetahui jadwal dokter sekaligus jam praktiknya, serta melakukan pendaftaran secara online. Sehingga saat sampai di rumah sakit atau klinik, mereka tidak perlu bingung bertanya ke sana ke mari untuk melakukan pendaftaran.

Cukup efisien bukan? Mengingat waktu yang biasanya dihabiskan untuk mengantri di loket pendaftaran bisa dipangkas sehingga pasien dan calon pasien hanya perlu menunggu waktu giliran mereka untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan.

Selain penggunaan mesin antrian, Anda juga bisa memanfaatkan teknologi lain seperti TV, kursi pijat, atau mesin mainan sederhana yang dapat digunakan pasien agar waktu menunggu mereka tidak membosankan dan sia-sia.

Anda pengelola rumah sakit?

Kami siap menjadi mitra teknologi rumah sakit Anda

Selengkapnya

Anda pengelola klinik?

Kami memiliki solusi mengelola klinik yang lebih baik

Selengkapnya