Your browser does not support JavaScript!

Standar Pelayanan Klinik Pintar Hadapi "Normal Baru"

Tiga bulan berlalu sejak dua warga Indonesia terdeteksi positif COVID-19 pada Maret 2020. Tidak terasa, selama itu pula kita merasakan perubahan terhadap pola hidup, yang kini banyak disebut sebagai "new normal" atau “normal baru.” Perubahan ini sangat terasa terutama setelah aturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) ditetapkan. Cara berinteraksi, menjalankan bisnis, hingga penentuan kebijakan oleh perusahaan dan pemerintah kini tidak lagi berjalan seperti biasa.

Begitu pula dalam cara menjalankan klinik, diperlukan penerapan kebijakan dan cara baru untuk mengatasi tantangan meminimalisir kontak fisik sesuai anjuran pemerintah, namun tetap menjalankan bisnis secara optimal dan memenuhi kebutuhan pasien.

Klinik Pintar, sebagai jaringan klinik yang mengedepankan teknologi digital dalam menjalankan proses bisnis, menjadikan momentum ini sebagai kesempatan menetapkan penyesuaian standar dan mengoptimalkan teknologi yang telah digunakan, untuk menjawab tantangan yang dihadapi selama kondisi "normal baru".

Petunjuk Arah

Walau terlihat sepele, pengoptimalan petunjuk arah dan detail info ruangan di dalam dan sekitar klinik mempermudah pasien melakukan pelayanan mandiri, terutama untuk klinik yang mengalami pengurangan tenaga staf.

Tidak perlu menghabiskan biaya yang besar dengan menggunakan material yang mahal, karena kunci sukses dari implementasi petunjuk arah itu sendiri adalah kemudahan pasien dalam memahami petunjuk arah tersebut.

Tata letak dan pemilihan desain yang bersesuaian dengan identitas brand dapat meningkatkan kredibilitas klinik. 

Pendaftaran Online

Sebelum pandemi terjadi, Pasien yang datang langsung untuk melakukan konsultasi masih diperbolehkan dan cenderung mayoritas. Saat ini reservasi online menjadi syarat utama untuk memperoleh pemeriksaan, dikarenakan beberapa tujuan yang ingin dicapai, di antaranya:

  • Virtual pre-assessment
    Dengan melakukan pendaftaran online, petugas klinik dapat mengetahui tujuan konsultasi pasien dapat diperoleh sebelum pasien datang di klinik. Hal ini diperlukan untuk menyortir pasien dengan keluhan cenderung agar disarankan untuk menjalankan konsultasi online dan jika diperlukan hadir di klinik dapat disiapkan ruang tunggu terpisah.
  • Mengurangi antrian di tempat
    Pendaftaran online diharapkan dapat mengurangi jumlah pasien di ruang tunggu, karena dengan pendaftaran online, pasien langsung mendapatkan nomor antrian, informasi ruangan poliklinik tujuan, dan estimasi waktu giliran konsultasi. Jadi, pasien cukup datang tepat sesuai waktu konsultasinya, tidak perlu berlama-lama menunggu di klinik.

Konsultasi Online

Klinik Pintar membagi menjadi 2 tipe konsultasi online:

  • Konsultasi online di klinik 
    Setiap pasien yang datang ke klinik, utamanya akan melakukan konsultasi online di ruangan yang terpisah dengan dokter. Pendampingan oleh perawat hingga pemeriksaan fisik tetap tersedia, jika diperlukan pemeriksaan fisik dalam penegakan diagnosa. Konsultasi online di rumah
  • Konsultasi online di rumah 
    Bagi pasien yang merasa rentan terinfeksi jika harus datang ke klinik, diberikan pilihan untuk menjalankan konsultasi online. Fasilitas ini diutamakan untuk pasien yang telah memiliki riwayat konsultasi di klinik.

Pengiriman Obat Ke Rumah

Pengiriman obat menjadi salah satu opsi agar bisa mengurangi kontak fisik. Tentunya hal ini tetap didukung dengan penyampaian etiket obat secara online antara petugas farmasi di klinik dengan pasien terkait. Klinik Pintar saat kini menggunakan jasa ojek online untuk mengantarkan obat ke rumah pasien.

Jika pasien melakukan konsultasi di klinik, setelah obat diresepkan, dijelaskan, dan dibayar, pasien bisa langsung pulang tanpa harus lama menunggu antrian obat. Jika pasien konsultasi online dari rumah, setelah video call konsultasi selesai dan obat dibayar, obat akan langsung dikirimkan. Waktu dan status engiriman juga terbilang aman dan terukur karena bisa dilacak via aplikasi milik ojek online.

Kunjungan ke Rumah

Layanan kunjungan ke rumah menjadi pelengkap bagi pasien yang hanya bisa melakukan konsultasi online di rumah namun butuh pemeriksaan fisik lebih lanjut dalam menegakkan diagnosis, meresepkan obat, hingga tindakan medis.

Selain itu, kunjungan ke rumah pasien juga dapat menjadi sarana untuk meningkatkan hubungan pasien. Klinik mendapat nilai tambah karena pelayanan tidak hanya berhenti saat pasien pulang dan tidak hanya bisa dilakukan di lokasi klinik saja. Kepercayaan terhadap klinik juga tumbuh seiring kontak dan konsultasi lebih intens.

Anda pengelola rumah sakit?

Kami siap menjadi mitra teknologi rumah sakit Anda

Selengkapnya

Anda pengelola klinik?

Kami memiliki solusi mengelola klinik yang lebih baik

Selengkapnya