Your browser does not support JavaScript!

Trombosit Turun Belum Tentu DBD. Ini Kemungkinan Lainnya

DBD atau Demam Berdarah Dengue merupakan satu kondisi kesehatan yang ditandai dengan demam, perdarahan (mimisan, bitnik merah di bawah kulit), serta syok hipovolemik yang kemungkinan besar terjaadi akibat plasma leakage pada hari ketiga sampai kelima demam.

Seseorang bisa divonis positif mengandung DBD manakala kadar trombosit dalam tubuh kurang dari angka 100.000, sedangkan hematokritnya meningkat sebesar 20% atau lebih. Namun, tidak semua kondisi menurunnya trombosit adalah DBD. Secara umum, penurunan trombosit diakibatkan oleh:

1. Sumsum tulang yang tak memproduksi trombosit dalam jumlah cukup

2. Gangguan kondisi kesehatan tertentu yang menyebabkan hancurnya trombosit

3. Pembengkakan limfa, sehingga aliran trombosit tertahan

 

Trombosit Turun Bukan Berarti DBD

Ada beberapa kemungkinan lain yang dapat terjadi saat jumlah produksi sel darah menurun, di antaranya:

1. Sepsis

Sepsis merupakan kondisi penurunan trombosit saat tubuh terkena infeksi pneumonia, pencernaan, ginjal, sampai peredaran darah. Sepsis yang parah ditandai dengan melemahnya kondisi tubuh akibat tekanan darah yang sangat rendah. 

Gejala ini umumnya ditandai demam tinggi dan intensitas pernapasan lebih dari 20 kali dalam satu menit.

2. Idiopathic Thrombocytopenic Purpura (ITP)

Saat mengalami ITP, seseorang akan mengalami penurunan produksi sel darah merah, sehingga akan timbul bitnik-bintik merah (Petechiae), memar pada kulit, atau perdarahan selang beberapa waktu. ITP bisa dialami oleh orang dewasa dan anak-anak.

Hingga saat ini tidak diketahui secara jelas penyebab ITP. Namun, ITP yang tidak ditangani secara tepat berisiko mimisan yang tak kunjung berhenti dan/atau perdarahan pada organ usus.

3. Anemia dan Demam Typhoid

Kondisi lain yang ditandai dengan menurunnya kadar trombosit adalah anemia dan demam typhoid. Ketika anemia, trombosit menurun karena produksi sel darah juga menurun. Sedangkan demam typhoid juga menyebabkan trombosit turun akibat infeksi virus tertentu.

Jika Anda mengalami gejala penurunan trombosit, tetap tenang dan segera lakukan konsultasi ke dokter. Klinik Pintar menyediakan fasilitas lab hematologi untuk memperkuat hasil diagnosa dokter menjadi lebih jelas, sehingga Anda lebih nyaman dan #kembalisehat

 

Anda pengelola rumah sakit?

Kami siap menjadi mitra teknologi rumah sakit Anda

Selengkapnya

Anda pengelola klinik?

Kami memiliki solusi mengelola klinik yang lebih baik

Selengkapnya